6 Panduan Wisata ke Candi Prambanan Biar Liburan Makin Seru

Ita Sugiharti
05 Feb 2024
Dilihat 23 kali

6 Panduan Wisata ke Candi Prambanan Biar Liburan Makin Seru

Jogja merupakan kota wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jogja, terutama ke Candi Prambanan, Anda perlu menyimak panduan wisata ke Candi Prambanan. Tips wisata ke Candi Prambanan ini akan membantu Anda agar bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

6 Panduan Wisata ke Candi Prambanan yang Wajib Anda Tahu

Jika Anda ingin berwisata ke Jogja, Anda wajib mengetahui apa saja panduan wisata ke Candi Prambanan. Tips wisata ke Candi Prambanan ini akan membantu Anda untuk bisa berwisata dengan nyaman selama di Candi Prambanan. Berikut adalah beberapa panduan yang perlu Anda ketahui:

1. Menginap di Hotel Sekitar Prambanan

Panduan wisata ke Candi Prambanan yang pertama yaitu menginap di hotel sekitar Candi Prambanan. Lokasi Candi Prambanan ada di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No. 16, Prambanan, Sleman. Oleh karena itu, agar biaya akomodasi Anda lebih efisien, Anda bisa menginap di hotel sekitar Candi Prambanan.

Beberapa rekomendasi hotel yang terletak di sekitar Candi Prambanan yaitu Amaranta Prambanan yang berjarak sekitar 2,7 km dari Candi Prambanan. Kemudian ada juga INNSiDE By Meliá Yogyakarta, Platinum Adisucipto Hotel & Conference Center, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, dan hotel-hotel lainnya yang berjarak sekitar 9 - 10 km dari Candi Prambanan.

2. Pakai Jasa Travel untuk Transportasi

Tips wisata ke Candi Prambanan selanjutnya yaitu pakai jasa travel. Candi Prambanan terletak di pinggir jalan raya sehingga sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. 

Agar biaya ke Candi Prambanan lebih hemat, Anda bisa menggunakan jasa travel untuk mengunjungi kawasan wisata Candi Prambanan. Anda bisa menggunakan jasa travel V818 Trans dari kota Anda masing-masing untuk menuju ke Candi Prambanan. V818 Trans menyediakan jasa travel keliling Jogja dengan harga yang terjangkau dan armada kendaraan yang premium.

3. Pakai Pakaian yang Nyaman

Panduan wisata ke Candi Prambanan selanjutnya yaitu pakai pakaian yang nyaman. Kawasan Candi Prambanan memiliki luas yang cukup besar. Oleh karena itu, agar perjalanan wisata Anda ke Candi Prambanan jadi lebih nyaman, Anda sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman agar tidak kegerahan selama mengeksplor kawasan Candi Prambanan.

Gunakan kaos atau pakaian lain yang menyerap keringat agar tetap nyaman saat jalan-jalan di wilayah Candi Prambanan. Anda juga bisa memakai sepatu dan topi agar tidak kepanasan selama berwisata di kawasan Candi Prambanan ini.

4. Berkunjung pada Pagi Hari

Waktu paling ideal untuk mengunjungi Candi Prambanan adalah pada pagi hari. Hal ini karena cuaca di Candi Prambanan pada pagi hari masih sejuk dan belum terlalu panas. Dengan begitu, maka perjalanan Anda di Candi Prambanan akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Namun, jika Anda hanya sempat berkunjung pada siang atau sore hari, maka sebaiknya gunakan pelindung seperti topi, kacamata hitam, atau payung agar tidak kepanasan. Kemudian, untuk Anda yang punya alergi debu, gunakan masker karena kawasan Candi Prambanan juga masih memiliki kawasan berpasir.

5. Gunakan Jasa Foto

Tips wisata ke Candi Prambanan selanjutnya yaitu gunakan jasa foto keliling. Di Candi Prambanan, Anda juga bisa menemui banyak tukang foto yang menjual jasa foto dengan latar belakang Candi Prambanan. Jika Anda ingin mengabadikan momen Anda berkunjung ke Candi Prambanan bersama keluarga, Anda bisa menggunakan jasa foto yang ada di Candi Prambanan ini.

Anda juga bisa langsung mengambil hasil foto tersebut saat keluar di Candi Prambanan. Hal ini karena tempat pengambilan foto terletak di dekat pintu keluar.

6. Sewa Sepeda

Jika Anda capek berkeliling-keliling kawasan Candi Prambanan, Anda juga tidak perlu khawatir. Hal ini karena di Candi Prambanan terdapat banyak jasa penyewaan sepeda, ATV, dan mobil terbuka untuk berkeliling kawasan Candi Prambanan yang luas.

Di Candi Prambanan juga terdapat track atau jalur sepeda yang bisa Anda gunakan dengan nyaman. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengeksplor kawasan Candi Prambanan ini dengan lebih menyeluruh.

Sudah Tahu Apa Saja Panduan Wisata ke Candi Prambanan?

Itulah beberapa panduan wisata ke Candi Prambanan yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan wisata ke Candi Prambanan. Bagi Anda yang tinggal di luar Jogja dan ingin berwisata dengan aman dan nyaman di Jogja, Anda bisa menggunakan jasa travel dari V818 Trans.

V818 Trans adalah perusahaan jasa travel Surabaya yang siap untuk menemani perjalanan wisata Anda di Jogja. Untuk memesan armada dan jadwal, Anda bisa menghubungi nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk keliling Jogja bersama V818 Trans?