9 Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng Buat Healing!

Ita Sugiharti
08 Feb 2024
Dilihat 20 kali

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng Buat Healing!

Dieng merupakan salah satu kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah yang terkenal akan daya tarik wisatanya. Kota ini terkenal akan keindahan alamnya yang memukau serta udaranya yang sejuk dan segar sehingga sangat cocok untuk liburan atau healing. Berikut adalah 9 tempat wisata di Dieng yang sangat bisa Anda kunjungi untuk healing!

9 Tempat Wisata di Dieng yang Asri, Cocok untuk Healing!

Jika Anda mau menikmati suasana alam sambil healing-healing cantik, berikut 9 rekomendasi tempat wisata di Dieng yang bisa Anda kunjungi:

1. Gunung Prau

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Dieng adalah Gunung Prau. Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.590 meter di atas permukaan laut dengan estimasi waktu pendakian sekitar 3 sampai 4 jam. Oleh karena itu, bagi para pendaki pemula, Gunung Prau bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dijelajahi.

Untuk mendaki gunung ini, tersedia dua jalur pendakian yang bisa Anda pilih, yaitu jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng yang berada di Desa Patak Banteng, dan juga jalur pendakian via Desa Dieng Wetan.

Setibanya di puncak, Anda akan dapat menikmati panorama indah dari lima gunung sekaligus, termasuk Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

2. Telaga Warna

Telaga Warna memiliki air danau yang dapat berubah-ubah warnanya ketika terkena pantulan sinar matahari. Fenomena ini terjadi karena tingginya kandungan belerang dalam air danau tersebut. 

Tempat wisata ini terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan indah, termasuk pemandangan Gunung Prau. Jika Anda ingin mengunjungi Telaga Warna, waktu yang ideal adalah pada siang hari, karena pada sore hari danau ini cenderung tertutup oleh kabut tebal.

3. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah tempat wisata di Dieng lainnya yang cukup terkenal. Memiliki julukan "golden sunrise", di sini Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit berwarna kuning keemasan yang menakjubkan.

Untuk menikmati pemandangan tersebut, Anda perlu mendaki bukit setinggi 2.300 meter di atas permukaan laut. Selain golden sunrise, Anda juga dapat menikmati panorama yang menakjubkan dari enam gunung melalui puncak Bukit Sikunir. 

Gunung-gunung tersebut termasuk Gunung Sindoro, Gunung Prau, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Bagi pendaki pemula, tidak perlu khawatir karena Bukit Sikunir memiliki jalur pendakian yang ramah pemula dan membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit untuk mencapai puncak bukit.

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah sebuah tempat wisata di Dieng yang berbentuk kawah vulkanik yang aman untuk Anda kunjungi. Di sini, Anda dapat menyaksikan pemandangan kawah yang mengeluarkan asap putih dan memiliki warna kehijauan dari jarak yang aman.

Ketika memasuki Kawah Sikidang, Anda akan menemui sebuah jembatan kayu yang menjadi akses untuk menjelajahi kawasan kawah. Anda hanya perlu mengikuti jalan di atas jembatan kayu tersebut untuk mencapai kawah utama. Jembatan kayu ini sendiri merupakan salah satu daya tarik dari Kawah Sikidang.

Di sekitar jembatan kayu, Anda akan melihat latar belakang kawah utama dengan kepulan asap putih yang menakjubkan. Karena hal ini, banyak pengunjung yang berfoto di sepanjang jembatan kayu tersebut, menjadikannya salah satu spot foto yang Instagramable.

Setelah Anda mengikuti jalan di atas jembatan kayu, Anda akan mencapai kawah utama yang terkenal dengan sebutan kawah telur rebus. Karena kawah ini mengeluarkan asap putih yang tebal dan memiliki aroma belerang yang kuat, Anda hanya dapat menikmati panorama kawah dari jembatan kayu tersebut.

5. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon adalah sebuah telaga yang terletak di sebelah Telaga Warna. Kedua telaga ini terpisah oleh sebuah daratan kecil yang hanya terlihat saat musim kemarau. Namun, saat musim hujan, daratan kecil tersebut akan tenggelam oleh air, sehingga kedua telaga tersebut tampak menyatu.

Nama "Pengilon" berasal dari Bahasa Jawa, yaitu "ngilo" yang berarti berkaca. Telaga ini bernama "Pengilon" karena airnya memiliki kejernihan yang memungkinkan Anda untuk melihat pantulan wajah Anda di permukaan telaga. 

Konon, siapa pun yang merasa cantik atau tampan saat melihat pantulan wajahnya di telaga ini, maka orang tersebut memiliki hati yang baik.

6. Telaga Dringo

Telaga Dringo adalah sebuah tempat wisata di Dieng yang terkenal sebagai Ranu Kumbolo Jawa Tengah karena kesamaannya dalam penampilan. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami, dengan hutan yang lebat dan asri.

Terletak di ketinggian 2.202 meter di atas permukaan laut, Telaga Dringo menawarkan suasana yang sejuk. Nama "Dringo" berasal dari nama tanaman obat yang tumbuh di sekitar telaga.

Selama perjalanan menuju Telaga Dringo, Anda dapat menikmati pemandangan kebun teh, hutan lindung, perbukitan, lembah, dan lahan pertanian milik warga sekitar.

Selain menikmati panorama yang menakjubkan dari Telaga Dringo, Anda juga dapat melakukan berkemah di sekitar area telaga ini. Dengan berkemah dan menginap di sini, Anda dapat menikmati pemandangan Telaga Dringo di pagi dan malam hari.

7. Kebun Teh Tambi

Bagi yang ingin menikmati keindahan perkebunan teh yang asri, kunjungilah kawasan Agrowisata Perkebunan Teh Tambi. Terletak di lereng Gunung Sindoro, tempat ini menawarkan panorama yang memukau dari Gunung Sindoro.

Di samping menikmati kecantikan kebun teh, Anda juga dapat berpartisipasi dalam berbagai aktivitas menarik. Misalnya, Anda dapat memetik daun teh sendiri dengan membawa keranjang di punggung. Selain itu, Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan teh dan memilih jenis teh yang Anda sukai.

8. Pemandian Air Panas Bira Bitingan

Karena suhu di kawasan ini cenderung dingin, berendam di air panas adalah pilihan yang sangat cocok untuk membuat tubuh lebih rileks. Pemandian Air Panas Bira Bitingan adalah salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk Anda kunjungi untuk menghangatkan badan.

Air panas di tempat ini berasal dari mata air panas alami yang terletak di kaki Gunung Sipandu. Selain memberikan efek relaksasi pada tubuh, kandungan alami dalam air panas pegunungan juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

9. Curug Sikarim

Selain menikmati pesona gunung, bukit, dan telaga, Anda juga dapat menikmati keindahan wisata air terjun. Salah satu destinasi air terjun yang terkenal adalah Curug Sikarim.

Curug ini terletak di Sembangun dan memiliki pemandangan perbukitan dengan pepohonan yang rimbun. Keunikan lainnya dari air terjun ini adalah aliran airnya yang jernih dan menyegarkan.

Mana Tempat Wisata di Dieng yang Menarik untuk Anda?

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Dieng tersebut bisa Anda kunjungi bersama teman dan keluarga saat musim liburan. Selain bersenang-senang, Anda juga bisa menikmati suasana dataran tinggi yang sejuk untuk healing

Untuk bisa berkunjung ke Dieng dan menikmati aneka wisata alamnya yang menyejukkan, Anda bisa menggunakan jasa travel dari V818 Trans. V818 Trans akan membantu perjalanan wisata Anda dan memastikan Anda bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

Jika Anda tertarik, Anda bisa segera memesan jadwal liburan Anda dengan menghubungi Admin di nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, sudah punya rencana liburan untuk cuti bulan depan?