8 Tempat Wisata Jogja Viral Selain Malioboro dan Borobudur

Ita Sugiharti
09 Jan 2024
Dilihat 34 kali

8 Tempat Wisata Jogja Viral Selain Malioboro dan Borobudur

Tak terasa kita sudah memasuki tahun 2024. Awal tahun adalah waktu yang paling tepat untuk merencanakan mau liburan kemana agar nanti saat hari libur tiba, Anda sudah punya rencana yang matang. Jika Anda memasukkan Jogja dalam list liburan Anda, berikut adalah alternatif tempat wisata Jogja hits selain Malioboro dan Borobudur!

8 Alternatif Tempat Wisata Jogja Terbaik Selain Malioboro

Jogja terkenal dengan destinasi wisatanya yang ikonik yaitu Malioboro dan Borobudur. Namun, jika Anda bosan berkunjung ke sana dan ingin menikmati pesona Kota Jogja dari sudut lainnya, berikut adalah alternatif tempat wisata Jogja terbaik selain Malioboro dan Borobudur:

1. Museum Benteng Vredeburg

Jika Anda menyukai wisata sejarah dan penasaran tentang bagaimana sejarah Kota Jogja, maka Anda bisa mengunjungi salah satu saksi bisu sejarah Kota Jogja yaitu Museum Benteng Vredeburg. Lokasi wisata ini termasuk mudah diakses karena berada di sebelah utara Titik Nol Kilometer Jogja.

Jika Anda mencari alternatif tempat wisata Jogja terbaik lainnya selain Malioboro dan Candi Borobudur, maka Museum Benteng Vredeburg bisa jadi pilihan wisata edukatif yang seru untuk Anda dan keluarga.

Alamat: Jl. Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam buka: 07.30 - 16.30

HTM: Rp2.000 (Anak-anak); Rp3.000 (Dewasa); Rp10.000 (Turis asing)

2. Heha Sky View

Jika Anda ingin menikmati pesona Kota Jogja dari ketinggian, Anda bisa mengunjungi tempat wisata Jogja hits yang satu ini. Heha Sky View adalah destinasi wisata yang menyajikan pemandangan Kota Jogja dari ketinggian.

Di sini, Anda juga bisa menikmati aneka wahana lain seperti Sky Balloon, Sky Swing, Sky Glass, Heha Aeroplane, Macrame, dan aneka spot foto unik dan Instagramable. Namun, untuk menikmati aneka wahana tersebut, Anda perlu membayar biaya tambahan selain biaya tiket masuk.

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk No. 2, Bukit, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

Jam buka: 10.00-21.00 (Weekday), 08.00-21.00 (Weekend)

HTM: Rp20.000 (belum termasuk wahana spot foto)

3. Alun-Alun Kidul

Salah satu landmark Kota Jogja yang wajib Anda kunjungi selain Malioboro dan Borobudur adalah Alun-Alun Kidul. Tempat wisata ini terkenal karena cerita tentang dua pohon beringin yang ada di tengah alun-alun. 

Konon jika Anda berhasil berjalan di antara kedua pohon beringin itu dengan mata tertutup, maka keinginan Anda akan terkabul. Tradisi tersebut terkenal dengan sebutan Masangin.

Selain mencoba melewati kedua pohon beringin tersebut, Anda juga bisa menikmati suasana alun-alun dan mencoba aneka jajanan khas Jogja.

Alamat: Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta

Jam buka: 24 jam

HTM: Gratis

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan tempat wisata Jogja viral yang awalnya merupakan kawasan bekas tambang batu kapur. Penemuan batu tufan yang langka pada tahun 2014 telah menghentikan aktivitas tambang di tempat ini dan menjadikannya sebagai Geoheritage Yogyakarta.

Hingga saat ini, tebing ini telah dipahat oleh warga sekitar menjadi bentuk relief dan cerita pewayangan sehingga menarik perhatian para wisatawan. Tebing Breksi memiliki ketinggian 200 mdpl. Dari sini, Anda bisa menikmati suasana pemandangan Jogja yang begitu mempesona.

Alamat: Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman

Jam buka: 06.00 - 20.00

HTM: Rp10.000

5. Obelix Hills

Tempat wisata viral lainnya di Jogja yang baru dibuka yaitu Obelix Hills. Obelix Hills merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai spot foto unik dan Instagramable, sehingga sangat cocok untuk Anda yang hobi fotografi atau foto-foto cantik.

Selain spot fotonya yang menarik, Anda juga bisa menikmati keindahan sunset di Kota Jogja melalui Obelix Hills. Destinasi wisata ini juga masih berada dalam satu kawasan dengan Candi Prambanan. Jadi, jika Anda mengunjungi Candi Prambanan, sempatkan berkunjung ke sini juga ya!

Alamat: Klumprit, Wukirharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman

Jam buka: 10.00 - 21.00 (Weekday), 07.00 - 21.00 (Weekend)

HTM: Rp15.000 - Rp 20.000

6. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park merupakan alternatif tempat wisata Jogja terbaik lainnya yang menyajikan aneka miniatur landmark dunia seperti Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, Big Ben, Patung Liberty, dan masih banyak lagi. Tempat wisata ini bisa jadi salah satu destinasi wisata edukasi untuk Anda dan keluarga.

Selain menikmati aneka landmark dunia, Anda juga bisa menikmati Museum Gunung Merapi yang tidak jauh dari lokasi wisata ini. Di Museum Gunung Merapi ini Anda bisa melihat betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi dan bagaimana dampaknya pada desa-desa yang ada di sekitarnya.

Alamat: Jl. Kaliurang KM 22.5, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman

Jam buka: 08.00 - 17.00

HTM: Rp20.000 - Rp22.000

7. Agro Wisata Bhumi Merapi

Agro Wisata Bhumi Merapi adalah alternatif tempat wisata Jogja hits lainnya yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Tempat wisata ini menyajikan aneka satwa yang bisa Anda ajak berinteraksi secara langsung, seperti memberinya makan.

Selain berinteraksi dengan para satwa yang ada, Anda juga bisa menikmati aneka spot foto unik yang menawarkan konsep seperti di Santorini Yunani dan Arab Street layaknya di Negara Timur Tengah.

Alamat: Jl. Kaliurang KM 20, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman

Jam buka: 09.00 - 17.00

HTM: Rp30.000

8. Taman Sari

Alternatif tempat wisata Jogja viral lainnya yang wajib Anda kunjungi saat ke Jogja yaitu Taman Sari. Taman Sari merupakan kawasan situs bekas taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Salah satu ikon menarik yang ada di tempat wisata ini yaitu kolam air yang dikelilingi oleh benteng. 

Pada zaman dahulu, kolam air ini digunakan untuk mandi oleh para istri Sultan. Selain kolam air, Anda juga bisa melihat kanal air, ruangan-ruangan tempat istirahat, dan tempat pengintaian musuh. Di dalam kawasan Taman Sari juga terdapat sebuah terowongan yang konon adalah jalan pintas menuju laut selatan.

Alamat: Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta

Jam buka: 09.00 - 15.00

HTM: Rp5.000 (Wisatawan lokal), Rp15.000 (Turis asing)

Tempat Wisata Jogja Hits Mana yang Masuk Rencana Anda?

Itulah beberapa rekomendasi alternatif tempat wisata Jogja terbaik yang bisa Anda masukkan dalam list rencana liburan Anda ke Jogja. Jogja memang salah satu kota yang membuat pengunjungnya selalu ingin kembali.

Jika Anda ingin kembali menikmati berbagai tempat wisata Jogja viral lainnya bersama keluarga, Anda bisa menghubungi agen jasa travel mobil dan bus V818 Trans di nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rencanakan liburan Anda ke Kota Jogja bersama V818 Trans sekarang juga!