9 Tempat Wisata Religi Jawa Timur yang Wajib Anda Kunjungi!

Ita Sugiharti
15 Jan 2024
Dilihat 25 kali

9 Tempat Wisata Religi Jawa Timur yang Wajib Anda Kunjungi!

Ziarah Wali Songo merupakan salah satu destinasi wisata religi Jawa Timur yang cukup populer. Tempat wisata religi Jawa Timur ini tidak hanya ziarah wali saja, tapi ada juga wisata ke beberapa masjid legendaris yang sudah berdiri sejak beberapa ratus tahun lalu. Lalu apa saja rekomendasi wisata religi yang ada di Jawa Timur?

9 Tempat Wisata Religi Jawa Timur, Bisa Ziarah Wali!

Beberapa tempat wisata religi yang ada di Jawa Timur ini mencakup wisata ke masjid-masjid dan ziarah wali. Berikut adalah beberapa destinasi wisata religi Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi:

1. Makam Sunan Ampel

Destinasi wisata religi Jawa Timur yang pertama dan merupakan salah satu tempat ziarah Wali Songo yaitu Makam Sunan Ampel. Sunan Ampel atau Raden Rahmat merupakan salah satu Wali Songo yang turut menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Beliau wafat pada 1481 M dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel.

Tempat wisata religi ini berada di Kota Surabaya. Saat Anda sampai di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel, Anda akan merasakan suasana Timur Tengah yang sangat kental. Selain wisata religi, Anda juga bisa menikmati aneka wisata kuliner dan berbelanja aneka oleh-oleh di sini. 

2. Masjid Agung Surabaya

Tempat wisata religi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kota Surabaya yaitu Masjid Al-Akbar Surabaya atau Masjid Agung Surabaya. Salah satu ikon wisata religi di Jawa Timur ini berada di kawasan Surabaya Selatan.

Keunikan masjid ini ada di bagian corak ukiran dan kaligrafinya. Saat memasuki area masjid, Anda akan melihat 45 ukiran kaligrafi di atas kayu jati. Kaligrafi-kaligradi yang rumit pun bisa Anda jumpai pada dinding-dinding masjid. Sementara itu, pada bagian depan masjid terdapat ukiran kaligrafi sepanjang 180 m.

Selain ukirannya yang menarik, keunikan lain dari masjid ini yaitu bentuk kubah yang terdiri dari satu buah kubah besar dengan dikelilingi 4mpat kubah kecil yang membentuk limas. Masjid ini juga memiliki menara setinggi 99 m yang melambangkan Asmaul Husna.

3. Masjid Cheng Ho

Destinasi wisata religi di Jawa Timur selanjutnya selain ziarah wali yaitu Masjid Cheng Ho. Masjid yang terletak di pusat Kota Surabaya ini merupakan masjid pertama di Indonesia yang memiliki gaya arsitektur berbentuk klenteng. 

Masjid yang memiliki banyak ornamen khas negeri Tirai Bambu ini didirikan sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho sendiri merupakan seorang pelaut muslim Tionghoa yang ikut menyebarkan Islam di Nusantara melalui jalur perdagangan.

Keunikan masjid ini terletak pada kombinasi warna hijau dan kuning keemasan yang semakin menjadikan masjid ini menyerupai bangunan klenteng atau vihara. Kubah Masjid Cheng Ho memiliki ornamen bertingkat yang mirip dengan pagoda khas Negeri Tiongkok.

4. Makam Sunan Giri

Destinasi wisata ziarah Wali Songo selanjutnya yaitu Makam Sunan Giri yang terletak di Kabupaten Gresik. Pada bagian luar area makam, terdapat ornamen-ornamen berbentuk lengkung yang simetris. Kemudian pada bagian kayunya juga terdapat ukiran-ukiran yang cantik.

Untuk memasuki kawasan Makam Sunan Giri ini, Anda bisa menggunakan tiga akses yaitu pertama dari undakan tengah yang melewati Candi Bentar dan patung naga. Kedua melewati arah Masjid Sunan Giri. Kemudian yang ketiga adalah melalui arah Makam Sunan Prapen.

5. Makam Sunan Gresik

Wisata ziarah Wali Songo selanjutnya yang ada di Kabupaten Gresik adalah ziarah ke makam Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim. Maulana Malik Ibrahim adalah salah satu Wali Songo yang turut menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Beliau wafat dan dimakamkan di Gresik tepatnya di Desa Gapurosukolilo.

Selain wisata religi, Anda juga bisa menikmati aneka wisata kuliner dan berbelanja oleh-oleh di kawasan wisata Sunan Gresik ini. Tempat ini juga selalu ramai dengan para wisatawan sepanjang waktu.

6. Makam Sunan Bonang

Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Tuban, maka jangan melewatkan tempat wisata religi yang satu ini. Makam Sunan Bonang merupakan salah satu destinasi ziarah Wali Songo yang cukup populer di daerah Tuban, Jawa Timur.

Sunan Bonang atau Raden Maulana Makdum Ibrahim merupakan salah satu Wali Songo yang ikut menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa pada abad ke-14. Lokasi makam Sunan Bonang ini juga dekat dengan Alun-Alun Tuban yaitu di belakang Masjid Agung Tuban. 

Selain mengunjungi makam Sunan Bonang, Anda juga bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Tuban seperti buah Siwalan dan minuman Legen. Jika Anda ingin membeli batik khas Tuban, Anda bisa membeli batik Gedog.

7. Masjid Tiban

Destinasi wisata religi di Jawa Timur lainnya selain ziarah wali yaitu Masjid Tiban. Masjid Tiban adalah masjid yang berada di Kabupaten Malang. Tempat ini memiliki banyak pintu seperti lokasi wisata Lawang Sewu di Semarang. Tidak heran jika banyak orang yang menjuluki masjid ini sebagai Masjid Seribu Pintu.

Lokasi masjid ini berada di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang. Keunikan lain dari Masjid Tiban ini yaitu berada di kawasan pondok pesantren yang memiliki bangunan 10 tingkat. 

Selain menjadi tempat ibadah, kesepuluh tingkat bangunan tersebut juga memiliki toko souvenir, toko makanan ringan, bahkan area satwa. Anda bisa menjelajahi kemegahan Masjid Tiban ini menggunakan lift atau tangga yang tersedia. 

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan bisa melihat berbagai satwa seperti rusa, burung kakatua, kera, bahkan burung cendrawasih.

8. Makam Sunan Drajat

Destinasi ziarah Wali Songo selanjutnya yaitu Makam Sunan Drajat. Makam Sunan Drajat ini terletak di daerah Paciran, Lamongan. Sunan Drajat atau Raden Qasim atau juga disebut Raden Syarifudin merupakan putra dari Sunan Ampel yang turut menyebarkan Islam di Pulau Jawa.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda juga bisa menikmati berbagai spot foto menarik. Lokasi wisata ini juga sangat asri karena berada di atas bukit yang dikelilingi hutan dengan pohon-pohon yang masih asri.

9. Makam Gus Dur

Tempat wisata religi di Jawa Timur selanjutnya yang cukup populer yaitu Makam Gus Dur. Makam Gus Dur terletak di Kabupaten Jombang yang juga terkenal sebagai Kota Santri.

Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid merupakan mantan Presiden Indonesia keempat yang juga dijuluki sebagai Bapak Pluralisme. Karena perannya yang besar, tidak heran jika makam Gus Dur yang ada di kawasan Pesantren Tebuireng ini selalu ramai.

Selain makam Gus Dur, di kawasan ini juga terdapat makam ayah Gus Dur yaitu KH Hasyim Asy’ari yang juga merupakan pendiri Nahdlatul Ulama.

Jadi, Mana Tempat Wisata Religi yang akan Anda Kunjungi?

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata religi yang ada di Jawa Timur. Destinasi wisata religi Jawa Timur tersebut tidak hanya mencakup ziarah wali saja, tapi ada juga wisata ke masjid-masjid unik dan legendaris di Jawa Timur.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata tersebut bersama rombongan, Anda bisa menggunakan jasa travel dari V818 Trans. Selain menggunakan armada yang premium, V818 Trans juga memiliki pelayanan dan kru perjalanan yang ramah.

Untuk melakukan pemesanan, Anda bisa menghubungi nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ziarah Wali Songo bersama V818 Trans sekarang juga!