Jelajahi 10 Tempat Wisata Solo yang Menarik Paling Favorit!

Ita Sugiharti
21 Jan 2024
Dilihat 39 kali

Jelajahi 10 Tempat Wisata Solo yang Menarik Paling Favorit!

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota besar yang ada di Jawa Tengah. Memiliki slogan “Solo The Spirit of Java” membuat Kota Solo dijuluki sebagai pusat kebudayaan Jawa. Ada banyak variasi objek wisata di Solo yang bisa Anda kunjungi, seperti wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, bahkan wisata belanja. Berikut rekomendasi tempat wisata Solo yang menarik untuk dikunjungi!

10 Tempat Wisata Solo yang Unik dan Instagramable

Sebagai salah satu kota yang unik, Solo juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang juga unik dan Instagramable. Berikut daftar tempat wisata Solo yang bisa Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga:

1. Keraton Surakarta

Rekomendasi tempat wisata Solo yang pertama yaitu Keraton Surakarta. Objek wisata Solo ini merupakan saksi perjalanan sejarah dari Kesultanan Mataram. Anda bisa melihat bagaimana tempat tinggal Sultan Mataram jaman dulu di Keraton Surakarta ini.

Keraton Surakarta sendiri didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 M sebagai pengganti dari Keraton Kartasura yang telah hancur. Sampai saat ini, Keraton Surakarta masih berdiri dengan megah dan menjadi tempat tinggal Sri Sunan. 

Selain bangunan keraton sendiri, di sekitar kompleks Keraton Surakarta juga ada berbagai bangunan lain yang bisa Anda jelajahi, seperti alun-alun, museum, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa melihat berbagai koleksi sejarah peninggalan dari kerajaan-kerajaan jaman dahulu.

2. Kampung Batik Kauman

Destinasi wisata Solo selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Kampung Batik Kauman. Sebagai pusat kebudayaan Jawa, Solo juga terkenal sebagai kota penghasil batik. Berkunjung ke Kota Solo kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh batik khas Solo.

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan batik khas Solo yang asli adalah Kampung Batik Kauman. Di sini, Anda bisa menjumpai berbagai jenis batik mulai dari batik tulis tradisional hingga batik modern.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu

Jika Anda liburan ke Solo, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata di Solo yang satu ini. Grojogan Sewu Tawangmangu terletak sekitar 37 km dari pusat Kota Solo. Objek wisata Solo yang satu ini merupakan wisata alam air terjun setinggi 80 meter dan juga merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni sekitar 1.000 anak tangga. Karena itulah, air terjun ini dijuluki sebagai Grojogan Sewu Tawangmangu. Namun, meskipun harus menuruni banyak anak tangga, namun Anda juga bisa menikmati pemandangan di sekitar air terjun yang tidak kalah menakjubkan.

4. Pura Mangkunegaran

Rekomendasi tempat wisata Solo lainnya yang wajib Anda kunjungi yaitu Pura Mangkunegaran. Destinasi wisata Solo ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Solo selain Keraton Surakarta. Pura Mangkunegaran merupakan istana megah yang dibangun sebagai kediaman para pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Selain menikmati kemegahan bangunannya, Anda juga bisa melihat koleksi peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram dan Kerajaan Majapahit di sini. Tidak hanya itu, jika Anda berkunjung pada hari Rabu, Anda juga bisa menikmati seni pertunjukkan Gamelan yang ada di tempat ini.

5. Museum Manusia Purba Sangiran

Jika Anda para pecinta wisata edukasi dan sejarah, maka jangan lewatkan tempat wisata di Solo yang satu ini. Museum Manusia Purba Sangiran merupakan objek wisata edukasi dan sejarah yang menyajikan koleksi fosil dari manusia dan hewan purba yang hidup di Solo pada jaman dahulu. 

Museum bersejarah ini juga termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain sebagai tempat penyimpanan bukti sejarah masa purba, museum ini juga masih digunakan sebagai tempat penelitian oleh para peneliti di Asia, lho!

6. Benteng Vastenburg

Objek wisata Solo yang menawarkan wisata sejarah lainnya yaitu Benteng Vastenburg. Benteng Vastenburg dibangun sejak tahun 1745 M oleh perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff.

Bangunan ini awalnya digunakan sebagai pusat kontrol oleh pemerintahan Keraton Surakarta. Meskipun sekarang, sebagian besar bangunan sudah berupa puing-puing, namun Anda masih bisa melihat struktur bangunan kokoh yang lain dari benteng ini.

Benteng ini merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan karena merupakan salah satu saksi bisu dari jaman pendudukan Belanda di tanah Jawa ini.

7. Candi Sukuh

Selanjutnya ada tempat wisata Solo yang juga wajib Anda kunjungi yaitu Candi Sukuh. Candi Sukuh merupakan candi Hindu yang ditemukan pertama kali pada tahun 1815 M oleh Thomas Stamford Raffles.

Struktur bangunan dari candi ini berbentuk trapesium yang mirip dengan kuil-kuil suku Maya yang ada di Chichen Itza, Meksiko. Selain bentuknya yang unik, keunikan lain dari candi ini terletak pada keberadaan replika-replika bercorak erotis dan dewasa.

Tidak heran banyak pengunjung yang beranggapan jika Candi Sukuh merupakan bangunan yang menggambarkan tentang percintaan dan kesetiaan pada pasangan.

8. Air Terjun Jumog

Destinasi wisata Solo yang tidak kalah cantik selanjutnya yaitu Air terjun Jumog. Air terjun jumog merupakan wisata air terjun dengan tinggi 30 meter yang terletak di kaki Gunung Lawu.

Lokasinya sekitar 41 km dari pusat Kota Solo. Di sepanjang air terjun juga terdapat aliran sungai dengan pemandangan yang menakjubkan sehingga sangat cocok untuk lokasi piknik bersama keluarga.

Untuk masuk ke kawasan wisata Air Terjun Jumog, Anda perlu membayar biasa tiket masuk sebesar Rp5.000 saja. 

9. Museum Batik Danarhadi

Selain Museum Manusia Purba Sangiran, ada juga wisata museum lain yang sayang jika Anda lewatkan. Museum Batik Danarhadi merupakan museum yang menyimpan koleksi batik dari seluruh wilayah Nusantara. 

Di sini, Anda bisa belajar tentang berbagai corak batik khas Nusantara yang beraneka ragam bentuk dan motifnya. Anda juga bisa menemui berbagai jenis batik mulai batik klasik hingga batik kontemporer.

Selain melihat koleksi batik, Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik di sini, lho!

10. Pasar Malam Ngarsopuro

Mengunjungi tempat wisata, kurang lengkap rasanya kalau tidak mencoba wisata kulinernya. Pasar Malam Ngarsopuro adalah salah satu destinasi wisata kuliner dan belanja yang ada di Jalan Diponegoro. 

Destinasi wisata Solo ini buka setiap malam di akhir pekan. Jika Anda ingin berbelanja oleh-oleh dan menikmati aneka kuliner Solo dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mengunjungi tempat ini.

Tertarik untuk Berkunjung ke Tempat Wisata Solo?

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Solo yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Kota Batik ini. Agar perjalanan Anda ke berbagai destinasi wisata Solo tersebut bisa aman dan lancar, Anda bisa menggunakan jasa travel dari V818 Trans untuk mnemani perjalanan wisata Anda bersama keluarga.

V818 Trans merupakan jasa agen travel profesional yang menawarkan berbagai layanan traveling dengan armada premium dan kru yang berpengalaman. Jadi, tunggu apa lagi? langsung booking jadwal liburan Anda di nomor 082245546100 atau 082128805818 sekarang juga!