10 Tips Study Tour, Apa Saja Barang yang Harus Dibawa?

Ita Sugiharti
14 Jan 2024
Dilihat 38 kali

10 Tips Study Tour, Apa Saja Barang yang Harus Dibawa?

Menjelang akhir semester, banyak sekolah biasanya akan melakukan study tour untuk para siswanya. Perjalanan ini bertujuan untuk menambah wawasan para siswa sekaligus sebagai ajang rekreasi untuk siswa setelah menjalani ujian akhir semester. Lalu apa saja perlengkapan study tour yang wajib dibawa? Berikut 10 tips study tour yang perlu Anda simak!

10 Tips Study Tour, Barang yang Harus Dibawa!

Saat anak Anda akan melakukan study tour dengan sekolahnya, ada beberapa perlengkapan wajib study tour yang perlu Anda perhatikan. Barang yang harus dibawa tersebut terdiri dari barang-barang umum yang perlu Anda siapkan beberapa hari sebelumnya. Berikut 10 tips study tour yang berisi perlengkapan study tour yang perlu Anda siapkan:

1. Tas Ransel

Tips study tour yang pertama adalah membawa tas ransel. Tas ransel merupakan perlengkapan wajib study tour yang berfungsi untuk membawa perlengkapan study tour lainnya. 

Kebutuhan tas ransel ini harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan anak Anda, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil. Penataan barang-barang tersebut juga harus Anda lakukan dengan tepat agar semua barang muat dan mudah untuk diambil saat membutuhkan.

Untuk penataan barang-barangnya, usahakan untuk menaruh barang-barang penting di tempat yang terjangkau. Seperti, menaruh obat dan jaket di bagian paling depan atau pang atas. Tujuannya adalah untuk memudahkan anak Anda mengambilnya.

2. Baju Ganti

Barang yang harus dibawa selanjutnya saat melakukan study tour adalah baju ganti. Study tour biasanya akan berlangsung dalam beberapa hari. Oleh karena itu, membawa baju ganti dalam jumlah yang cukup adalah hal yang sangat penting.

Anda harus membagi baju ganti tersebut menjadi beberapa jenis, seperti baju formal untuk kunjungan, baju biasa untuk bersantai, kaos untuk tidur, serta pakaian dalam dengan jumlah yang cukup.

3. Perlengkapan Mandi

Jika study tour berlangsung dalam beberapa hari, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan mandi untuk anak Anda. Menjaga kebersihan diri selama melakukan study tour juga merupakan hal yang penting.

Bawalah perlengkapan mandi secukupnya saja. Seperti sabun, shampo, sikat dan pasta gigi, serta handuk. Membawa perlengkapan mandi sendiri akan lebih nyaman daripada harus meminjam kepada orang lain.

Untuk memudahkan anak Anda dalam membawanya, bawalah perlengkapan mandi dalam jumlah yang cukup. Anda bisa memasukkan perlengkapan mandi tersebut ke dalam botol-botol kecil agar lebih mudah dan ringan saat dibawa.

4. Perlengkapan Ibadah

Tips study tour selanjutnya adalah membawa perlengkapan ibadah sendiri, terutama untuk para murid yang beragama Islam. Untuk murid laki-laki, Anda bisa membawakan sarung, sementara untuk murid perempuan Anda bisa membawakan mukena.

Membawa perlengkapan ibadah sendiri juga akan lebih nyaman daripada harus meminjam atau menggunakan alat ibadah yang ada di masjid atau musholla.

5. Obat-Obatan

Barang lainnya yang tidak kalah penting adalah obat-obatan. Jika anak Anda memiliki riwayat sakit atau alergi, Anda sebaiknya menyiapkan obat-obatan untuk dibawa saat study tour. Tujuannya adalah untuk jaga-jaga jika nanti ada masalah kesehatan yang tidak terduga selama menjalani study tour.

Beberapa obat umum yang bisa Anda bawakan yaitu obat anti mabuk perjalanan, minyak kayu putih, obat maag, lotion anti nyamuk, dan obat-obatan pribadi lainnya.

6. Uang Saku

Perlengkapan wajib study tour selanjutnya yaitu uang saku. Uang saku adalah barang yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jauh seperti study tour. Setiap melakukan study tour, pasti nanti akan ada barang yang perlu dibeli, entah karena lupa membawa atau memang karena butuh.

Uang saku biasanya juga berguna untuk membeli oleh-oleh atau souvenir untuk keluarga di rumah. Oleh karena itu, perlu membawa uang saku dalam jumlah yang cukup agar tidak kesulitan saat nanti butuh untuk membeli sesuatu. Jangan membawa uang saku yang berlebihan dan simpan uang tersebut di tempat yang aman.

7. Bekal Makanan dan Minuman

Tips study tour selanjutnya yaitu bawa bekal makanan atau minuman ringan sebagai teman saat perjalanan. Terkadang, saat di perjalanan kita akan merasa lapar atau ingin makan sesuatu. Jika belum memasuki jam makan, maka kita bisa makan bekal makanan atau minuman ringan yang kita bawa.

Tidak hanya itu, membawa bekal makanan dan minuman ringan juga akan menghemat uang saku untuk jajan. Hal ini karena biasanya harga jajan di tempat-tempat wisata akan lebih mahal, sehingga jika Anda membawakan bekal untuk anak Anda, maka mereka akan bisa berhemat.

8. Alat Komunikasi

Barang yang harus dibawa selanjutnya saat study tour yaitu alat komunikasi. Alat komunikasi tersebut berfungsi untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga yang ada di rumah.

Jika Anda perlu menjemput anak Anda saat pulang, Anda bisa menghubunginya melalui alat komunikasi mereka. Selain itu, alat komunikasi juga berfungsi untuk mengabadikan kegiatan-kegiatan selama menjalani study tour.

9. Alat Tulis

Alat tulis merupakan perlengkapan study tour yang biasanya berfungsi untuk mencatat materi-materi penting selama melakukan study tour. Setiap study tour biasanya anak-anak harus mencatat materi-materi penting dan membuat kesimpulan dari kegiatan study tour yang mereka lakukan. 

Oleh karena itu, membawa alat tulis akan memudahkan anak Anda untuk mencatat materi-materi study tour agar mereka tidak ketinggalan untuk mengumpulkan tugas laporan kegiatan study tour.

10. Perlengkapan Tambahan

Tips study tour terakhir yaitu membawa perlengkapan tambahan lainnya yang dibutuhkan. Beberapa perlengkapan tambahan tersebut yaitu powerbank atau charger, sandal, kaos kaki, tisu, payung, jas hujan, topi, headset, dan perlengkapan tambahan lainnya.

Perlengkapan tambahan ini merupakan beberapa barang penunjang yang akan mendukung kelancaran dan kenyamanan anak Anda selama melakukan perjalanan study tour.

Tips Study Tour, Perlengkapan Study Tour yang Wajib Dibawa!

Itulah beberapa tips study tour yang berisi tentang apa saja barang yang harus dibawa selama melakukan study tour. Perlengkapan tersebut merupakan beberapa barang umum yang biasanya pasti selalu dibawa. 

Selain membawa perlengkapan wajib study tour, untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan study tour, Anda juga perlu menyiapkan travel yang nyaman untuk menemani perjalanan study tour anak-anak Anda. 

V818 Trans merupakan agen jasa travel yang akan mengakomodasi kebutuhan study tour anak-anak Anda mulai dari kendaraan yang nyaman, driver yang berpengalaman, dan kru yang seru dan kompeten.

Untuk menggunakan jasa dari V818 Trans, Anda bisa mengunjungi website V818 Trans atau menghubungi Admin di nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, pesan kendaraan sekarang juga untuk kenyamanan dan keamanan study tour anak-anak Anda!