9 Tips Wisata ke Jogja untuk Pemula, Pasti Ramah di Kantong!

Ita Sugiharti
08 Jan 2024
Dilihat 30 kali

9 Tips Wisata ke Jogja untuk Pemula, Pasti Ramah di Kantong!

Jogja merupakan kota destinasi wisata yang populer di kalangan para wisatawan. Hampir setiap orang pasti ingin mengunjungi Kota Jogja saat musim liburan tiba. Bagi Anda yang belum pernah ke Jogja dan ingin mengunjungi kota ini untuk liburan, berikut adalah beberapa tips wisata ke Jogja untuk pemula yang murah dan hemat!

9 Tips Wisata ke Jogja Murah Cocok untuk Pemula

Bagi Anda yang baru pertama kali liburan ke Jogja, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dengan baik agar liburan Anda tetap menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips wisata ke Jogja yang perlu Anda perhatikan:

1. Pilih Waktu Liburan yang Tepat

Tips liburan ke Jogja yang pertama yaitu pilih waktu liburan yang tepat. Karena Jogja merupakan salah satu kota destinasi wisata yang populer, jadi pasti akan sangat ramai saat musim liburan. 

Oleh karena itu, untuk Anda yang baru pertama kali ke Jogja, sebaiknya pilih waktu di luar musim liburan untuk menghindari kepadatan saat berlibur ke Kota Jogja. Dengan memilih waktu liburan yang tepat, maka Anda akan bebas berkeliling Kota Jogja tanpa khawatir terjebak macet. 

Tidak hanya itu, tips wisata murah ke Jogja ini juga akan membuat liburan Anda ke Jogja jadi lebih hemat. Hal ini karena harga tiket dan hotel biasanya akan lebih murah jika sedang tidak memasuki musim liburan.

2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Tips wisata ke Jogja selanjutnya yaitu pesan tiket jauh-jauh hari agar lebih hemat. Anda bisa memesan tiket kereta atau pesawat minimal 1 bulan sebelum liburan ke Jogja. Pemesanan tiket pesawat biasanya akan jauh lebih murah jika Anda lakukan di luar high season.

Namun, jika Anda ingin liburan ke Kota Jogja menggunakan jasa travel, Anda bisa menghubungi V818 Trans jauh-jauh hari agar mendapatkan harga penawaran yang murah. Anda bisa melakukan pemesanan travel 1 bulan atau 2 minggu sebelum berangkat ke Jogja.

3. Pesan Hotel Sesuai Budget

Tips wisata ke Jogja untuk pemula selanjutnya yaitu pesan hotel yang murah. Ada banyak hotel dengan berbagai macam harga dan fasilitas yang bisa Anda pesan saat liburan ke Jogja. Untuk lebih memudahkan proses pemesanan hotel tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi booking hotel online.

Pilihlah hotel yang sesuai dengan budget liburan Anda. Untuk Anda yang mau liburan ala backpacker, Anda bisa memilih hotel dengan kisaran harga di bawah Rp100.000 per malamnya agar lebih hemat.

4. Bawa Barang Secukupnya

Jika Anda ingin liburan ke Jogja dengan aman, sebaiknya bawa barang bawaan secukupnya saja. Hindari membawa barang-barang berharga seperti emas dan barang elektronik yang tidak perlu. 

Selain agar liburan Anda lebih aman, membawa barang bawaan yang cukup juga akan membuat Anda lebih ringan dan tidak memberatkan diri. Namun, untuk jaga-jaga sebaiknya bawalah barang ekstra untuk beberapa bawaan yang penting seperti baju dan uang cash.

5. Tentukan Destinasi Wisata yang Ingin Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Liburan 1 atau 2 hari tidak akan cukup untuk mengeksplor seluruh destinasi di Jogja dengan maksimal. Oleh karena itu, tentukan destinasi wisata apa yang akan Anda kunjungi sebelum berangkat ke Jogja.

Dari daftar destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi tersebut, kelompokkan setiap objek wisata berdasarkan lokasi terdekatnya. Misalnya wisata di Sleman, Bantul, atau Kota Yogyakarta sendiri. Tips wisata murah ke Jogja ini akan membantu Anda untuk menghemat ongkos jalan-jalan.

6. Buat Jadwal Perjalanan

Tips liburan ke Jogja selanjutnya adalah buatlah jadwal perjalanan. Setelah Anda menentukan destinasi wisata apa saja yang akan Anda kunjungi selama liburan ke Jogja, langkah selanjutnya adalah membuat jadwal perjalanan. Anda bisa membuat jadwal perjalanan mulai dari awal keberangkatan hingga pulang ke rumah. 

Jika Anda tidak ingin repot untuk membuat jadwal perjalanan, Anda bisa menyerahkan urusan ini pada agen travel yang Anda gunakan. V818 Trans merupakan agen jasa sewa travel yang akan membantu Anda membuat jadwal perjalanan untuk liburan ke Jogja. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menyusun jadwal perjalanan liburan Anda sendiri.

7. Makan di Tempat Makan Lokal

Selain terkenal dengan keindahan destinasi wisatanya, Jogja juga terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat. Salah satu kuliner Jogja yang sangat terkenal yaitu gudeg. Namun, makan gudeg di resto dan di pinggir jalan pasti akan berbeda harganya.

Tips liburan ke Jogja agar lebih hemat adalah pilihlah tempat makan lokal atau tempat makan yang dekat dengan kampus. Hal ini karena tempat makan lokal atau dekat kampus biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada makan di restoran. Selain itu, tempat makan lokal biasanya juga memiliki rasa yang lebih enak dan otentik.

8. Jangan Sungkan untuk Menawar

Ketika liburan ke Jogja, Anda pasti ingin membeli oleh-oleh untuk teman atau keluarga yang sudah menunggu di rumah. Tips wisata ke Jogja untuk pemula yang tidak kalah penting yaitu jangan sungkan untuk menawar saat membeli oleh-oleh di Jogja.

Belanja oleh-oleh di Jogja memang dianjurkan untuk pandai menawar, karena harga oleh-oleh yang dijual untuk wisatawan biasanya akan lebih mahal. Anda bisa menawar oleh-oleh tersebut hingga setengah harga yang ditawarkan. Jika Anda membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, maka Anda bisa meminta potongan harga yang jauh lebih banyak ke penjual.

9. Gunakan Travel untuk Keliling Jogja

Agar liburan Anda ke Jogja bisa lebih hemat dan nyaman, gunakan travel untuk menemani perjalanan Anda saat berkeliling Kota Jogja. Selain lebih fleksibel, menggunakan jasa travel juga lebih aman dan nyaman.

Untuk menemani perjalanan liburan Anda ke Jogja, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil travel V818 Trans. Selain menggunakan armada travel yang premium, Anda juga akan ditemani dengan kru perjalanan yang seru dan profesional.

Sudah Tahu Apa Saja Tips Wisata ke Jogja untuk Pemula?

Setelah mengetahui apa saja tips wisata ke Jogja untuk pemula, apakah Anda sudah siap untuk liburan ke Jogja? Tips liburan ke Jogja tersebut bisa Anda terapkan agar liburan Anda ke Jogja bisa tetap aman dan menyenangkan. 

Untuk menemani liburan Anda ke Jogja, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil travel terpercaya V818 Trans. V818 Trans merupakan agen jasa sewa mobil travel yang menawarkan berbagai armada premium dengan kru yang profesional. 

Dapatkan penawaran harga menarik dengan menghubungi 082245546100 atau 082128805818. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo liburan ke Jogja bareng V818 Trans!