5 Tips Wisata Religi yang Perlu Diperhatikan, Wajib Tahu!

Ita Sugiharti
03 Feb 2024
Dilihat 22 kali

5 Tips Wisata Religi yang Perlu Diperhatikan, Wajib Tahu!

Unsplash.com

Saat berkunjung ke tempat wisata religi, ada beberapa tips wisata religi yang perlu Anda perhatikan. Tips berkunjung ke wisata religi akan sangat membantu Anda untuk menjaga adab dan kesopanan selama melakukan ibadah, ziarah, atau wisata ke tempat-tempat suci tersebut. Lalu apa saja tips yang perlu Anda perhatikan?

5 Tips Wisata Religi yang Perlu Diperhatikan

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata religi, Anda perlu memperhatikan beberapa tips wisata religi berikut ini. Tips berkunjung ke tempat-tempat suci ini akan membantu Anda untuk menjaga adab dan kesopanan selama berwisata religi. Berikut adalah beberapa tips berkunjung ke tempat suci:

1. Cari Informasi Tentang Objek Wisata

Tips wisata religi yang pertama yaitu cari tahu terlebih dahulu informasi tentang objek wisata religi yang akan Anda kunjungi. Berwisata religi tidak harus ke tempat yang jauh, karena di sekitar wilayah Anda juga pastinya banyak tempat-tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi.

Sebelum menentukan kemana Anda akan melakukan wisata religi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang objek wisata religi yang akan Anda kunjungi. Cari tahu hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sana. 

Selain itu, cari tahu juga waktu-waktu yang ramai dengan kunjungan wisatawan agar Anda tidak terjebak keramaian.

2. Memakai Pakaian yang Sopan

Tips berkunjung ke wisata religi selanjutnya yaitu memakai pakaian yang sopan. Destinasi wisata religi merupakan tempat wisata yang biasanya mengedepankan moral dan kesopanan. Oleh karena itu, saat berkunjung ke tempat wisata religi, sebaiknya pakai pakaian yang sopan.

Pakaian yang sopan juga mencerminkan sikap hormat kepada tokoh dan agama yang dianut oleh masyarakat objek wisata religi tersebut. Jika Anda mengunjungi objek wisata religi Islam, maka Anda bisa mengenakan busana muslim seperti gamis untuk perempuan dan baju koko untuk laki-laki.

3. Hormati Orang yang Sedang Ibadah

Tips berkunjung ke tempat suci berikutnya yaitu hormati orang yang sedang melakukan ibadah. Di tempat-tempat wisata religi biasanya Anda akan menemukan banyak orang yang sedang beribadah dan berdoa. Oleh karena itu, salah satu adab saat mengunjungi wisata religi adalah hormati orang yang sedang beribadah.

Jaga ketenangan dan hindari keramaian agar orang-orang yang melakukan ibdah tersebut bisa tetap khusyuk dan tidak terganggu. Jangan bergurau, membuat gaduh atau bahkan berteriak dengan keras karena akan mengganggu orang-orang yang sedang beribadah.

4. Jangan Memotret Sembarangan

Saat berkunjung ke tempat wisata religi, usahakan jangan memotret secara sembarangan. Hal ini karena beberapa wisata religi biasanya melarang para pengunjung untuk mengabadikan objek-objek yang sakral seperti makam dan situs bersejarah penting lainnya.

Jika Anda ingin memotret sebaiknya izin kepada pengelola terlebih dahulu. Dan jika sudah terdapat larangan dilarang memotret, maka jangan sekali-kali mencoba memotret. 

5. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Tips wisata religi selanjutnya yaitu jangan membuang sampah sembarangan. Objek wisata religi biasanya sangat menjaga kebersihan karena merupakan tempat yang suci. Oleh karena itu, jangan membuang sampah apapun sembarangan. Jagalah kesucian dan kebersihan dari tempat wisata religi yang Anda kunjungi.

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa plastik sendiri dari rumah. Jika Anda tidak menemukan tempat sampah, Anda bisa memasukkan sampah Anda ke dalam plastik tersebut dan membuangnya saat sudah menemukan tempat sampah.

Sudah Tahu Apa Saja Tips Berkunjung ke Wisata Religi?

Itulah beberapa tips wisata religi yang perlu Anda perhatikan saat berkunjung ke tempat-tempat suci. Tips berkunjung ke wisata religi tersebut harus Anda perhatikan dengan seksama untuk menjaga adab dan kesopanan.

Untuk melakukan wisata religi bersama keluarga dan rombongan, Anda bisa menggunakan jasa travel dari V818 Trans. V818 Trans merupakan perusahaan jasa travel yang memiliki banyak pengalaman dalam perjalanan wisata religi seperti ziarah wali, ziarah makam, wisata masjid, dan mengantar orang haji atau umroh.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa dari V818 Trans, Anda bisa segera menghubungi Admin di nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, tunggu apa lagi? Percayakan tujuan wisata religi Anda bersama V818 Trans sekarang juga!