10 Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi saat Liburan!

Ita Sugiharti
02 Jan 2024
Dilihat 32 kali

Freepik.com

Banyuwangi merupakan wilayah paling ujung dari Pulau Jawa yang memiliki berbagai pesona tempat wisata yang menakjubkan. Tempat wisata di Banyuwangi ini juga sangat beragam, mulai dari pantai, gunung, air terjun, hutan taman nasional, dan masih banyak lagi. Berikut rekomendasi wisata Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi saat liburan!

10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Untuk Anda yang menyukai objek wisata dengan suasana alam, berikut adalah rekomendasi beberapa tempat wisata Banyuwangi yang memiliki banyak wisata alam menakjubkan:

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat ikonik dan terkenal hingga mancanegara. Destinasi wisata Banyuwangi ini terletak di wilayah perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. 

Selain terkenal karena keindahan kawahnya yang mempesona, Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik yaitu Blue Fire atau api yang menyala berwarna biru. Fenomena Blue Fire ini merupakan hasil dari reaksi pembakaran gas sulfur atau belerang yang memiliki suhu hingga 600 derajat celcius.

Api berwarna biru ini juga merupakan salah satu dari dua fenomena Blue Fire terbesar di dunia setelah fenomena yang ada di Gunung Dallol di Ethiopia.

2. Taman Nasional Baluran

Jika Anda ingin menikmati pemandangan hutan taman nasional yang masih asri dengan segala keragaman hayatinya, Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini menyajikan pemandangan ala savana Afrika yang menakjubkan.

Selain menikmati pemandangan savana layaknya di Benua Afrika, Anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran ini seperti Pantai Bama yang masih terjaga keasriannya.

3. Pantai Pulau Merah

Salah satu destinasi wisata Pantai Banyuwangi yang cukup terkenal adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini selalu menjadi destinasi para wisatawan karena keindahan alamnya dan pesona pasir pantainya yang berwarna kemerahan.

Di seberang pantai ini juga ada pulau yang bisa Anda eksplor hanya dengan berjalan kaki saat kondisi air pantai sedang surut. Bagi Anda para penggemar olahraga selancar atau surfing, Pantai Pulau Merah merupakan salah satu lokasi yang ideal dengan kondisi ombaknya yang cukup menantang.

4. Pulau Tabuhan

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam bawah laut, Pulau Tabuhan merupakan destinasi wisata Pantai Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Tabuhan sambil melakukan snorkeling.

Selain itu, Pulau Tabuhan juga memiliki kecepatan angin yang konsisten antara 20 sampai 25 knot yang membuat objek wisata ini sangat ideal untuk bermain kiteboarding.

5. Teluk Hijau

Wisata Pantai Banyuwangi lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Teluk Ijo atau Green Bay. Objek wisata ini terletak di area Taman Nasional Meru Betiri. Dinamakan Teluk Hijau karena tempat ini memiliki air berwarna hijau turquoise yang indah dengan hamparan pasir putih yang halus. 

Karena terletak di dalam area taman nasional, teluk hijau memiliki pesona alam yang masih sangat asri dan terjaga. Anda juga bisa bertemu berbagai satwa liar seperti monyet-monyet yang berkeliaran di area pantai.

6. Bangsring Underwater

Jika Anda ingin mengunjungi wisata edukasi dan konservasi kehidupan bawah laut untuk anak, Bangsring Underwater adalah pilihan yang tepat. Bangsring Underwater merupakan wisata yang ramah untuk keluarga karena memiliki fasilitas yang lengkap.

Anda bisa menjumpai aneka ikan dan terumbu karang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati aneka wahana air bersama keluarga. Untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman menarik, Anda juga bisa menikmati fasilitas berenang bersama hiu dalam keramba.

7. De Djawatan

De Djawatan awalnya adalah kawasan hutan lindung milik Jawatan Perhutani. Di area ini, terdapat lebih dari 50 pohon trembesi yang besar dan sangat unik. 

Dulu, area ini terlihat menyeramkan karena tidak terurus. Namun sejak pemerintah Banyuwangi melakukan penataan ulang di area ini, De Djawatan kini menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang cukup diminati.

8. Pantai Boom

Jika Anda mencari tempat wisata yang dekat dengan pusat Kota Banyuwangi, Pantai Marina Boom merupakan pilihan yang tepat. Pantai ini hanya berjarak 2,1 km dari Alun-alun Kota Banyuwangi atau bisa ditempuh dengan berkendara 10 menit. 

Selain menikmati pemandangan pantai dan kapal-kapal yang berlayar, Anda juga bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset sekaligus dari pantai ini. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki jembatan ikonik yang memiliki pemandangan sangat indah terutama saat malam hari.

9. Taman Nasional Alas Purwo

Selain Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo juga merupakan salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Banyuwangi. Sama seperti di Bauran, Anda juga akan menjumpai area savana ala Afrika yang luas di Taman Nasional Alas Purwo ini.

Selain area savana yang luas, taman nasional ini juga memiliki berbagai bentang alam mempesona lainnya seperti hutan mangrove, hutan gugur tropis, dan beberapa pantai menakjubkan lainnya.

Anda juga bisa menemukan berbagai satwa langka yang dilindungi seperti Banteng Jawa, Lutung Kelabu, hingga Ajak atau Anjing Hutan Asia.

10. Air Terjun Telunjuk Raung

Jika ingin menikmati wahana wisata air yang masih asri dan alami, Anda bisa berkunjung ke area wisata Air Terjun Telunjuk Raung. Objek wisata ini terletak di Sumber Asih, Kecamatan Songgon.

Kawasan wisata air terjun ini juga tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati segarnya air pegunungan dengan suasana yang lebih privat.

Tertarik untuk Berkunjung ke Wisata Banyuwangi?

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ke wisata Banyuwangi, Anda bisa segera menghubungi jasa sewa mobil V818 Trans di 082245546100 atau 082128805818. Anda bisa menjelajahi berbagai tempat wisata di Banyuwangi dengan armada premium dan driver terbaik. Jadi tunggu apa lagi? rencanakan liburan Anda bersama V818 Trans sekarang juga!