10 Tempat Wisata Belanja di Jogja Cocok untuk Beli Oleh-Oleh

Ita Sugiharti
11 Jan 2024
Dilihat 27 kali

10 Tempat Wisata Belanja di Jogja Cocok untuk Beli Oleh-Oleh

Selain pesonanya yang bikin candu, Jogja juga punya banyak tempat jualan oleh-oleh yang pastinya murah dan berkualitas. Tempat belanja oleh-oleh Jogja ini menjual berbagai barang kerajinan, makanan, souvenir, dan masih banyak lagi. Berikut rekomendasi tempat wisata belanja di Jogja yang murah dan cocok untuk oleh-oleh!

10 Tempat Wisata Belanja di Jogja yang Murah dan Berkualitas

Jika Anda sedang berlibur ke Jogja, sempatkan untuk mampir ke tempat-tempat berikut ini untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan. Berikut tempat wisata belanja di Jogja yang menawarkan aneka produk berkualitas dengan harga yang murah:

1. Malioboro

Kurang rasanya kalau ke Jogja belum mampir ke Malioboro. Selain jadi salah satu ikon Kota Jogja, Anda juga bisa menikmati aneka wisata kuliner dan beli oleh-oleh di tempat ini. Tempat wisata belanja di Jogja yang satu ini menjual berbagai pernak-pernik seperti kaos, batik, souvenir, gantungan kunci, tas, dan kerajinan tangan lainnya.

Selain menjual berbagai macam produk, Anda juga bisa melakukan tawar-menawar di tempat wisata belanja murah di Jogja yang satu ini. Para wisatawan biasanya akan membeli batik dan kaos bertemakan Jogja untuk dibawa sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

2. Pasar Beringharjo

Selain Malioboro, ada juga tempat belanja oleh-oleh Jogja yang tidak kalah terkenal yaitu Pasar Beringharjo. Pasar ini masih berada di kawasan Malioboro. Jika Anda sedang berburu batik dengan harga yang murah, maka Pasar Beringharjo ini merupakan pilihan yang tepat.

Selain menjual aneka batik dengan beragam warna dan model, pasar ini juga sangat bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

3. Mall Malioboro

Saat berkunjung ke Malioboro, Anda juga bisa mengunjungi tempat belanja oleh-oleh Jogja yang lain yaitu Mall Malioboro. Mall Malioboro ini berdiri pada tahun 1993 dan menjadi pusat perbelanjaan modern yang paling tua di Kota Jogja. 

Sama seperti mall-mall pada umumnya, Mall Malioboro juga memiliki banyak tenant-tenant terkenal seperti McDonalds, Gramedia book Store, Matahari, dan banyak lainnya. Selain sebagai pusat perbelanjaan, mall ini biasanya juga digunakan untuk mengadakan berbagai macam acara untuk menarik para pengunjung.

4. Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo juga merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang terkenal di Kota Jogja. Mall terbesar di Kota Jogja ini memiliki konsep urban yang unik sehingga banyak menarik perhatian para wisatawan dan anak muda.

Seperti mall-mall pada umumnya, Plaza Ambarrukmo juga memiliki berbagai tenant seperti toko pakaian, toko perabotan rumah tangga, restoran, dan masih banyak lagi.

5. Kasongan

Jika Anda ingin wisata belanja murah di Jogja, Anda juga bisa mengunjungi kawasan Kasongan yang terkenal dengan kerajinan gerabah dan keramiknya. Anda bisa membeli aneka gerabah dan keramik sebagai hiasan untuk rumah Anda.

Ada berbagai macam gerabah yang dijual disini seperti patung, guci, pot, furniture, hiasan dinding, dan aneka perabotan rumah lainnya. Selain membeli aneka gerabah dan keramik, Anda juga bisa melihat bagaimana proses pembuatannya secara langsung.

6. Pasar Senthir

Jika Anda suka barang antik dan ingin membelinya saat berkunjung ke Kota Jogja, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat belanja oleh-oleh Jogja yang satu ini. Anda bisa menjumpai aneka barang antik seperti onderdil kendaraan, buku, majalah, furniture, dan aneka barang antik lainnya. 

Para pedagang biasanya menggelar produk mereka menggunakan tikar sambil lesehan menjajakan barang dagangan mereka. Produk-produk yang ada di Pasar Senthir juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah. Namun ingat, pasar ini hanya buka pada malam hari setiap pukul 19.00 sampai 24.00 ya!

7. Pasar Seni Gabusan

Pasar tradisional lainnya yang juga menjual aneka oleh-oleh khas Jogja yaitu Pasar Seni Gabusan. Di sini Anda bisa menemukan aneka kerajinan tangan seperti gerabah, batik, hingga aneka barang yang terbuat dari bambu, logam, maupun kulit.

8. Pasar Klitikan Pakuncen

Dulu, Pasar Klitikan Pakuncen ini terkenal sebagai pasar maling karena para pengunjung yang datang biasanya sering kehilangan barang mereka. Tetapi sekarang tidak lagi. Pasar Klitikan Pakuncen ini sekarang sudah dirombak sebagai pasar modern yang menjual aneka barang antik dan obat-obatan tradisional.

Tidak hanya itu, wisata belanja murah di jogja wisata belanja murah di jogja ini juga menawarkan aneka wisata kuliner yang tidak kalah menarik.

9. Desa Wisata Manding

Rekomendasi tempat wisata belanja di Jogja lainnya yaitu Desa Wisata Manding. Desa wisata ini terkenal dengan produk kerajinannya yang berbahan dasar kulit. Aneka produk hasil olahan kulit yang bisa anda beli di sini yaitu tas, sepatu, dompet, ikat pinggang, jaket, dan masih banyak lainnya.

10. Desa Wisata Krebet

Jika Desa Wisata Manding terkenal dengan produk kerajinan kulitnya, maka Desa Wisata Krebet ini terkenal akan kerajinan batik kayunya. Tidak hanya kain yang bisa digunakan sebagai media membatik, kayu juga bisa. 

Anda bisa membeli aneka kerajinan batik kayu seperti wayang, topeng, gantungan kunci, cermin, dan masih banyak lainnya. Jika Anda penasaran, Anda juga bisa belajar membatik di atas kayu bersama para pengrajin di desa ini.

Mana Tempat Wisata Belanja di Jogja Favorit Anda?

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata belanja di Jogja yang menawarkan berbagai produk hasil kerajinan warga lokal dengan harga yang murah. Tempat wisata belanja murah di Jogja tersebut bisa Anda jadikan sebagai referensi tempat membeli oleh-oleh ketika sedang berkunjung ke Jogja.

Untuk bisa berkunjung ke tempat belanja oleh-oleh Jogja tersebut, Anda bisa menggunakan jasa travel dari V818 Trans. Hubungi nomor 082245546100 atau 082128805818 dan dapatkan penawaran harga perjalanan yang menarik untuk liburan bersama keluarga!