Destinasi 10 Wisata Kuliner Banyuwangi, Khas dan Otentik!

Ita Sugiharti
27 Jan 2024
Dilihat 35 kali

Destinasi 10 Wisata Kuliner Banyuwangi, Khas dan Otentik!

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan. Selain pesona alamnya yang menakjubkan, destinasi wisata kuliner Banyuwangi juga tidak boleh Anda lewatkan. Ada banyak tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang menawarkan aneka makanan khas dan otentik khas Banyuwangi. Berikut daftar tempat makan untuk kulineran di Banyuwangi!

10 Destinasi Wisata Kuliner Banyuwangi yang Khas

Sebagai salah satu wilayah terluas di Jawa Timur, Banyuwangi punya berbagai destinasi wisata kuliner Banyuwangi yang sayang jika Anda lewatkan. Jika Anda bingung makanan apa saja yang harus Anda coba saat mengunjungi kota ini, berikut rekomendasi tempat kulineran di Banyuwangi yang dijamin otentik:

1. Sego Tempong Mbok Wah

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang pertama dan sangat terkenal yaitu Sego Tempong Mbok Wah. Sego tempong merupakan kuliner nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk dan sambal. Tempong sendiri merupakan nama sambal dari hidangan ini yang memiliki rasa pedas yang nampol.

Untuk mencicipi seporsi nasi tempong ini, Anda bisa datang ke Warung Mbok Wah, di Jl. Gembrung No. 22, Glagah. Jam buka warung ini adalah mulai dari jam 08.00 sampai jam 23.00. Satu porsi nasi tempong lengkap bisa Anda nikmati mulai dari Rp7.000 saja, lho! Murah sekali bukan?

2. Pecel Pitik

Destinasi wisata kuliner Banyuwangi yang khas selanjutnya yaitu kuliner Pecel Pitik di Desa Kemiren. Banyuwangi memiliki desa adat yaitu Desa Adat Osing Kemiren yang terkenal dengan kuliner pecel pitiknya. Pecel pitik merupakan kuliner berbahan dasar ayam kampung yang disajikan dengan sayur urap dan parutan kelapa.

Untuk mencicipi pecel pitik ini, Anda bisa datang ke Dusun Krajan, Kemiren, Glagah. Selain menikmati pecel pitik, Anda juga bisa melihat kehidupan masyarakat adat Osing di Desa Kemiren ini. Wah, menarik sekali ya!

3. Rujak Soto Mbok Mbret

Kulineran di Banyuwangi rasanya kurang lengkap kalau belum mencoba rujak soto. Salah satu tempat yang menjual rujak soto terkenal di Banyuwangi yaitu Rujak Soto Mbok Mbret. Lokasinya ada di Warung Mbok Mbret, Jl. Raya Jember No. 72, Cluring.

Rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang terbuat dari rujak yang disiram dengan kuah soto. Rasa kuliner ini sangat unik yaitu perpaduan antara bumbu rujak yang legit dengan kuah soto yang gurih dan penuh rempah. Untuk harga seporsi rujak soto di Warung Mbok Mbret ini adalah mulai dari Rp20.000 saja.

4. Sego Cawuk Bu Mantih

Selanjutnya jika berkunjung ke Banyuwangi, pastikan juga untuk mencoba sego cawuk. Sego cawuk merupakan nasi yang disajikan dengan parutan kelapa yang gurih dengan tambahan kuah rempah yang lezat dan gurih.

Untuk menikmati sego cawuk ini, Anda bisa menambahkan beberapa lauk pendukung seperti telur, dendeng, pepes ikan, dan masih banyak lagi. Salah satu warung nasi cawuk yang terkenal di Banyuwangi yaitu Sego Cawuk Bu Mantih yang beralamat di Jl. Wahid Hasyim, Rogojampi. Harga satu porsi sego cawuk di sini juga mutah sekali yaitu mulai dari Rp7.000 saja, lho!

5. Sego Bungkus Bu Poer

Sego bungkus merupakan salah satu kuliner khas yang ada di setiap daerah. Setiap daerah biasanya memiliki kuliner sego bungkus masing-masing yang khas dan beda dari daerah lainnya. Salah satu kuliner sego bungkus yang terkenal di Banyuwangi yaitu Sego Bungkus Bu Poer.

Kuliner sego bungkus di sini berisi banyak pilihan nasi, seperti nasi merah, nasi putih, nasi kuning, hingga nasi jagung. Lauknya juga bermacam-macam, ada oseng-oseng, gudeg, ayam goreng, dan aneka lauk lainnya.

Lokasinya ada di J. PB Sudirman, Banyuwangi. Untuk harga seporsi sego bungkus lengkap dengan berbagai macam lauk dibanderol mulai dari Rp12.000 saja.

6. Rawon Bu Atik

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Banyuwangi selanjutnya yang tidak kalah otentik yaitu Rawon Bu Atik. Lokasinya ada di Jl. Ahmad Yani No. 83, Banyuwangi. Sebagai salah satu kuliner khas Jawa Timur, Anda bisa menjumpai rawon dengan mudah di berbagai daerah di Jawa Timur. 

Rawon sendiri merupakan kuliner nasi yang disiram dengan kuah rempah khas berwarna hitam karena ada campuran kuluwak. Kuliner rawon khas Banyuwangi di Warung Bu Atik ini tidak hanya menyajikan rawon biasa.

Ada beberapa menu rawon yang bisa Anda coba seperti rawon empal, rawon paru, rawon buntut goreng, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati seporsi rawon di sini, Anda harus membayar mulai dari Rp22.000.

7. Mie Kuah Warung Kepiting

Sebagai daerah di ujung Pulau Jawa, Banyuwangi juga kaya akan kuliner seafood-nya. Salah satu warung kuliner seafood yang memadukan dengan kuliner mie kuah adalah Mie Kuah Warung Kepiting.

Mie Kuah Warung Kepiting memiliki menu khas yaitu mie yang diracik menggunakan bumbu-bumbu khusus. Kemudian disajikan dengan kepiting sebagai topping-nya. Rasa mie kepiting ini sudah pasti gurih mantap.

Untuk menikmati seporsi mie kepiting ini, Anda bisa datang ke Warung Kepiting yang ada di Jl. Kepiting No. 29 B, Banyuwangi. Harga seporsinya juga sangat murah yaitu mulai dari Rp10.000 saja Anda sudah bisa mencoba menu mie kepiting segar khas Banyuwangi.

8. Pecel Rawon Mbak Sumi

Destinasi wisata kuliner Banyuwangi selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Pecel Rawon Mbak Sumi. Pecel rawon merupakan hidangan nasi pecel yang diguyur dengan kuah rawon yang berbumbu.

Rasa hidangan ini sudah pasti manis dari bumbu pecelnya bertemu dengan gurih dan legitnya kuah rawon. Untuk menikmati satu porsi pecel rawon ini, Anda bisa datang ke Warung Mbak Sumi yang ada di Jl. Ahmad Yani No. 37, Banyuwangi. Harga satu porsi pecel rawon di sini yaitu mulai dari Rp25.000

9. Lodeh Koro Pedas Warung Lya

Kalau kulineran di Banyuwangi, sempatkan mampir ke Lodeh Koro Pedas Warung Lya. Alamatnya ada di Jl. Raya Situbondo Np. 425, Alasrejo. Lodeh merupakan kuliner yang memiliki cita rasa pedas gurih. 

Sementara itu, lodeh koro merupakan hidangan lodeh khas Banyuwangi yang disajikan dengan sayur koro lengkap dengan tempe dan tahu sebagai pendamping. Jika Anda mau, Anda juga bisa mencoba beberapa lauk tambahan seperti ikan, ayam, paru, dan juga peyek.

Satu porsi lodeh koro pedas di Warung Lya ini bisa Anda nikmati mulai dari Rp20.000.

10. Ayam Pedas Rantinem

Rekomendasi kuliner pedas lainnya di Banyuwangi yaitu Ayam Pedas Rantinem. Ayam pedas merupakan kuliner ayam bakar yang disajikan dengan kuah pedas yang nikmat. Kuliner ini sangat cocok jika Anda makan dengan nasi putih hangat dan lalapan sayur yang segar.

Untuk mencoba seporsi Ayam Pedas Rantinem ini, Anda bisa datang ke warung sebelah Kantor Pos Genteng di Jl. Raya Jember, Genteng. Harga satu porsi ayam pedas ini juga masih sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp20.000 saja.

Yuk, Mampir ke Destinasi Wisata Kuliner Banyuwangi!

Itulah beberapa rekomendasi tempat kulineran di Banyuwangi. Berbagai destinasi wisata kuliner Banyuwangi tersebut bisa Anda coba saat berkunjung ke Banyuwangi. Untuk berkunjung ke Banyuwangi dan mencoba aneka tempat wisata kuliner di Banyuwangi tersebut, Anda bisa menggunakan jasa travel dari V818 Trans

Sebagai salah satu jasa travel terbaik, V818 Trans akan melayani perjalanan wisata Anda ke Banyuwangi dengan aman dan nyaman. Untuk booking jadwal, Anda bisa langsung menghubungi Admin di nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba berbagai makanan enak di Banyuwangi bareng V818 Trans sekarang juga!