8 Wisata Kuliner Solo yang Enak dan Bikin Anda Rela Antre!

Ita Sugiharti
23 Jan 2024
Dilihat 25 kali

8 Wisata Kuliner Solo yang Enak dan Bikin Anda Rela Antre!

Selain wisata sejarah dan budaya yang kental dengan nuansa Jawa, wisata kuliner Solo juga terkenal dengan ke-Jawa-annya. Berbagai tempat kuliner di Solo menyajikan aneka menu khas yang legendaris dan siap untuk memanjakan lidah Anda. Berikut rekomendasi makanan enak di Solo yang wajib Anda coba!

8 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo

Jika Anda berkunjung ke Kota Solo, pastikan mampir juga untuk mencoba aneka wisata kuliner Solo yang lezat. Berbagai tempat kuliner di Solo ini terkenal akan makanannya yang enak dan bakal bikin Anda rela antre untuk menikmatinya. Berikut rekomendasi wisata kuliner Solo yang wajib Anda coba:

1. Serabi Notosuman

Wisata kuliner Solo yang pertama yaitu Serabi Notosuman Ny. Lidia. Alamatnya ada di  Jl Moh. Yamin No. 28, Serengan, Solo. Tempat kuliner di Solo ini buka mulai pagi yaitu jam 05.30 sampai jam 16.00 sore. 

Serabi Notosuman merupakan salah satu makanan enak di Solo yang terbuat dari adonan tepung beras yang lembut dan kenyal. Adonan tersebut kemudian dimasak menggunakan tungku arang sehingga menghasilkan pinggiran serabi yang renyah dengan rasa manis yang pas. 

Anda bisa menikmati Serabi Notosuman menggunakan dua varian rasa yaitu rasa santan atau original dan rasa coklat. Untuk satu kotak Serabi Notosuman isi 10 harganya dibanderol mulai dari Rp28.000 untuk rasa original dan Rp30.000 untuk rasa coklat.

2. Nasi Liwet Solo

Jika kulineran di Solo, sempatkan mampir untuk mencicipi makanan enak di Solo yang satu ini yaitu Nasi Liwet Solo Wongso Lemu. Alamatnya ada di Jl Teuku Umar, Banjarsari, Solo. Warung Nasi Liwet Solo ini buka mulai sore yaitu jam 16.00 sampai jam 01.00 dini hari.

Nasi Liwet Solo merupakan hidangan tradisional khas Kota Solo yang dimasak bersama kuah santan bersama dengan sayur labu siam. Rasa Nasi Liwet Solo ini cenderung gurih manis. Anda juga bisa minta tambahan lauk seperti ayam suwir, telur rebus, dan juga sambal untuk meningkatkan cita rasa dari Nasi Liwet Solo.

Untuk mencicipi makanan enak di Solo ini, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk satu porsinya adalah sebesar Rp16.000 saja, murah sekali bukan?

3. Harjo Bestik

Wisata kuliner Solo selanjutnya yaitu Harjo Bestik yang beralamat di Jl. Dr. Rajiman, Serengan, Solo. Harjo Bestik ini buka mulai jam 18.30 sore sampai jam 00.00 malam.

Tempat kuliner di Solo ini menjual aneka menu bestik, mulai dari bestik ayam, daging, lidah, telor, dadar lidah, ati ampela, hingga brutu, wah menarik ya! Selain menjual aneka bestik, tempat kuliner ini juga selalu ramai, sehingga Anda harus rela antre jika ingin menikmati seporsi bestik di sini.

Tidak hanya aneka menu bestik, Anda juga bisa mencoba menu lain seperti bihun, bakmi, nasi goreng, sup, fuyunghai, capcay, dan masih banyak lagi. Harganya juga sangat bervariasi. Menu-menu di sini dibanderol mulai dari harga Rp17.000 sampai Rp47.000.

4. Soto Ayam Gading

Kulineran di Solo tidak lengkap rasanya kalau belum mencoba Soto Ayam Gading. Alamatnya ada di Jl. Brigjen Sudiarto No. 75, Pasar Kliwon, Solo. Tempat makan ini buka mulai jam 06.00 pagi sampai jam 15.00 sore.

Soto Ayam Gading merupakan soto yang terbuat dari kuah bening dari ayam kampung yang kaya akan rempah dan bumbu-bumbu. Kuliner ini disajikan dengan nasi, soun, kentang, dan suwiran daging ayam yang lezat. 

Anda juga bisa minta tambah lauk pelengkap seperti, sate usus, telur puyuh, tempe goreng, ati ampela, jeroan sapi, bakwan, sate uritan, perkedel, dan masih banyak lagi. Harga satu porsinya juga cukup murah yaitu mulai Rp12.000 saja.

5. Sate Kambing Mbok Galak

Rekomendasi tempat kulineran di Solo selanjutnya yaitu Sate Kambing Mbok Galak. Alamatnya ada di Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 112, Banjarsari, Solo. Buka mulai pagi jam 08.00 sampai sore jam 17.00, warung sate kambing ini menawarkan hidangan sate kambing dengan potongan yang cukup besar dan tekstur kambing yang empuk.

Harga per-porsi di sini adalah mulai dari Rp60.000. Untuk satu porsi tersebut, Anda bisa menikmatinya untuk dua orang karena porsi satenya yang cukup besar.

6. Sate Buntel Bu Hj. Bejo

Rekomendasi wisata kuliner Solo selanjutnya yaitu Sate Buntel Bu Hj. Bejo yang alamatnya ada di Jl. Sungai Sebakung No. 10, Pasar Kliwon, Solo. Warung Sate Buntel Bu Hj. Bejo ini buka mulai pagi pada jam 08.00 sampai jam 16.00 sore.

Sate buntel merupakan hidangan sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing. Sate tersebut kemudian dibakar di atas arang untuk menghasilkan aroma smokey yang mantap. 

Untuk harga satu porsi sate buntel memang cukup mahal yaitu Rp70.000. Namun, Anda jangan khawatir, karena satu porsi sate buntel ukurannya sangat besar sehingga cukup untuk makan dua sampai tiga orang.

7. Timlo Sastro

Selanjutnya, tempat kuliner di Solo yang sebaiknya juga tidak Anda lewatkan adalah Timlo Sastro. Alamatnya ada di Jl. Abdul Muis No. 32A, Jebres, Solo. Tempat makan yang satu ini buka mulai pagi yaitu jam 06.00 sampai jam 15.00 sore. 

Timlo adalah kuliner sop bening khas Kota Solo yang di dalamnya berisi daging ayam kampung, telur bebek pindang, sosis goreng khas Solo, dan ati ampela. Sosis khas Solo di sini bukanlah sosis yang terbuat dari daging, melainkan sejenis lumpia atau risoles yang digoreng.

Untuk mencoba satu porsi timlo di Timlo Sastro, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp23.000 untuk satu porsi timlo lengkap.

8. Selat Solo

Rekomendasi wisata kuliner Solo yang terakhir yaitu Selat Solo Mbak Lies. Alamatnya ada di Jl. Yudhistira No. 9, Serengan, Solo. Warung Selat Solo ini buka mulai pagi jam 08.00 sampai sore jam 17.30.

Selat Solo merupakan kuliner khas Solo yang merupakan warisan pada zaman Belanda. Kuliner ini merupakan hasil modifikasi dari makanan steak ala Eropa yang di dalamnya ada daging sapi, kentang, wortel, telur semur, buncis, dan juga selada. Untuk harga satu porsi Selat Solo ini, kamu perlu membayar sebesar Rp25.000.

Mana Wisata Kuliner Solo yang Menarik untuk Anda?

Berbagai rekomendasi wisata kuliner Solo tersebut bisa Anda coba saat Anda liburan ke Kota Solo. Jika Anda punya rencana liburan ke Solo dan mencoba aneka makanan enak di Solo, Anda bisa menghubungi jasa travel V818 Trans.

Anda bisa langsung memesan jadwal liburan Anda dengan menghubungi nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk kulineran di Solo bersama V818 Trans?