5 Destinasi Wisata Religi Jawa Barat Ziarah Makam Islam

Ita Sugiharti
04 Feb 2024
Dilihat 26 kali

Destinasi wisata religi Jawa Barat juga merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dengan para wisatawan, baik wisatawan lokal, maupun wisatawan dari luar Jawa Barat. Ada banyak masjid bersejarah dan ziarah makam tokoh Islam yang bisa Anda kunjungi saat melakukan wisata religi di Jawa Barat.

5 Destinasi Wisata Religi Jawa Barat

Jika Anda berkunjung ke Provinsi Jawa Barat, Anda juga bisa mengunjungi wisata religi Islam Jawa Barat yang populer. Destinasi wisata religi Jawa Barat ini juga selalu ramai oleh para wisatawan dari luar Jawa Barat. Berikut adalah beberapa destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi:

1. Makam Dalem Cikundul, Cianjur

Makam Dalem Cikundu merupakan salah satu wisata ziarah makam yang cukup terkenal di wilayah Jawa Barat. Destinasi wisata religi Jawa Barat ini juga selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin berziarah ke makam Dalem Cikundul.

Dalem Cikundul merupakan tokoh islam yang membantu menyebarkan Islam di Nusantara. Selain itu, Dalem Cikundul juga merupakan Bupati Cianjur yang pertama. Tidak heran jika makam Dalem Cikundul menjadi salah satu tempat bersejarah yang banyak didatangi para peziarah.

Rata-rata peziarah yang datang berkunjung ke makam Dalem Cikundul adalah sebanyak 30.000 orang per bulannya. Makam ini berlokasi tepat di Cijagang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

2. Makam Syekh Quro, Karawang 

Destinasi wisata religi Islam selanjutnya yaitu makam Syekh Qubro yang ada di Pulokalapa, Kabupaten Karawang. Syekh Qubro adalah salah satu ulama besar yang turut berjasa untuk menyebarkan agama Islam di Kabupaten Karawang.

3. Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon

Wisata ziarah makam selanjutnya yaitu Makam Sunan Gunung Jati yang ada di Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat. Sunan Gunung Jati merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang turut menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. 

Banyak peziarah yang datang setiap harinya, baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Jawa Barat. Selain makam Sunan Gunung Jati, Anda juga bisa melihat berbagai situs sejarah lainnya di situs pemakaman ini.

4. Ziarah Makam Sunan Muria

Selanjutnya, Anda juga bisa berkunjung juga ke Goa Safarwadi Pamijahan yang ada di Pamijahan, Tasikmalaya. Goa Safarwadi Pamijahan menjadi terkenal tempat ini dulu pernah dijadikan sebagai tempat berdakwah oleh Syekh Haji Abdul Muhyi. 

Selain sebagai tempat berdakwah atau menyebarkan ajaran Islam, Goa Safarwadi Pamijahan ini juga dijadikan sebagai tempat tinggal oleh Syekh Haji Abdul Muhyi dan murid-muridnya. Selain makam Syekh Abdul Muhyi, di sini juga ada makam keluarga dan murid-murid dari Syekh Haji Abdul Muhyi.

5. Museum Sejarah Nabi di Masjid Raya Al-Jabbar

Terakhir ada Museum Sejarah Nabi yang ada di Masjid Raya Al-Jabbar. Selain wisata ziarah makam, Anda juga bisa mengunjungi Museum Sejarah Nabi yang memiliki luas mencapai 300 m2. Di dalam museum ini, Anda bisa menyaksikan bagaimana sejarah Kota Makkah sebelum adanya Islam.

Anda juga bisa mengetahui sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW dan berbagai sejarah peradaban Islam lainnya. Lokasi museum ini ada di Jl. Cimencrang No.14 Cimenerang, Gedebage, Bandung, Jawa Barat.

Tertarik Mengunjungi Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat?

Itulah beberapa destinasi wisata religi Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi untuk meningkatkan pengetahuan tentang agama Islam dan juga meningkatkan keimanan. Anda bisa melakukan ziarah makam dan wisata religi lainnya seperti mengunjungi museum Islam untuk mengetahui peradaban Islam di Tanah Jawa ini.

Untuk bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata religi tersebut, Anda bisa menggunakan jasa agen travel dari V818 Trans. V818 Trans merupakan agen jasa travel yang siap untuk mengantarkan Anda kemanapun tujuan Anda. 

Jika tertarik untuk melakukan booking, Anda bisa menghubungi nomor 082245546100 atau 082128805818. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo tingkatkan keimanan dengan wisata religi bersama V818 Trans sekarang juga!