7 Destinasi Wisata Religi Jawa Tengah yang Populer!

Ita Sugiharti
02 Feb 2024
Dilihat 26 kali

7 Destinasi Wisata Religi Jawa Tengah yang Populer!

Destinasi wisata religi Jawa tengah merupakan salah satu pengalaman wisata yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keimanan. Selain itu, Anda juga bisa menambah wawasan mengenai jejak sejarah Islam yang ada di Jawa Tengah. Berikut beberapa rekomendasi wisata religi Islam Jawa Tengah yang populer dan bisa Anda gunakan untuk menambah wawasan dan keimanan!

10 Destinasi Wisata Religi Jawa Tengah

Jika Anda berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah, ada banyak destinasi wisata religi Jawa tengah yang bisa Anda kunjungi untuk meningkatkan wawasan dan keimanan Anda. Berikut beberapa rekomendasi wisata religi di Jawa Tengah yang cukup populer dan sering dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah!

1. Masjid Agung Semarang

Rekomendasi wisata religi Islam Jawa Tengah yang pertama yaitu Masjid Agung Semarang. Lokasinya ada di Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Semarang. Masjid ini memiliki luas mencapai 7.600 m2. Keunikan dari masjid ini terletak pada gaya arsitekturnya yang merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Roma, dan Arab.

Tidak hanya itu, Masjid Agung Semarang ini juga memiliki ornamen payung hidrolik berukuran besar seperti di Masjid Nabawi sebanyak 6. Keistimewaan itulah yang membuat masjid ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah.

2. Makam Sunan Kalijaga

Destinasi wisata religi selanjutnya yaitu Makam Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang turut menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Tokoh wali yang satu ini menyebarkan ajaran Islam melalui beberapa cara menarik yaitu tembang-tembang Jawa dan kesenian wayang.

Lokasi Makam Sunan Kalijaga ini ada di daerah Kadilangu. Selain Makam Sunan Kalijaga, di kompleks pemakaman ini juga ada banyak situs bersejarah lainnya seputar peradaban kerajaan Islam di Jawa Tengah yang bisa Anda gunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

3. Makam Sunan Kudus

Wisata religi di Jawa Tengah selanjutnya yaitu makam salah satu tokoh Wali Songo, yaitu Sunan Kudus. Lokasi Makam Sunan Kudus ini terletak di Kota Kudus yang terkenal dengan produk kreteknya. Makam Sunan Kudus ini juga termasuk salah satu destinasi wisata religi yang sering dikunjungi para wisatawan dan peziarah yang mampir ke Kota Kudus.

Untuk Makam Sunan Kudus sendiri terletak di kawasan masjid yang cukup unik karena memiliki menara yang berbentuk menyerupai candi-candi Hindu. Tujuan dari pembangunan menara yang menyerupai candi Hindu tersebut yaitu untuk memudahkan penyebaran Islam di Jawa Tengah yang saat itu didominasi oleh para penganut agama Hindu.

4. Makam Sunan Muria

Selanjutnya ada Makam Sunan Muria yang juga merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang turut menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Makam Sunan Muria ini lokasinya cukup unik yaitu berada di Puncak Gunung Muria yang ada di Jepara.

Pengunjung atau peziarah Makam Sunan Muria ini biasanya dianjurkan hanya untuk para wisatawan atau peziarah yang kuat. Para peziarah dengan usia lanjut dan riwayat penyakit sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Makam Sunan Muria. 

Hal ini karena di Makam Sunan Muria tepatnya di Puncak Gunung Muria kadar oksigennya cukup tipis sehingga berpotensi untuk mengganggu kesehatan.

5. Masjid Agung Demak

Destinasi wisata religi Jawa Tengah selanjutnya yaitu Masjid Agung Demak. Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Tengah yang sudah berusia lebih dari setengah abad. Namun, meskipun begitu masjid ini masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Struktur bangunan ini juga memiliki banyak filosofi dan makna yang terkandung di dalamnya. Terdapat tiga tingkatan atap yang melambangkan Islam, Iman, dan Ihsan. Di dalam masjid ini juga terdapat museum yang berisi barang-barang peninggalan sejarah Islam, seperti pintu asli bangunan masjid, bedug, gentong-gentong dari Campa, dan lain sebagainya.

6. Makam Syekh Subakir di Magelang

Wisata religi Islam Jawa Tengah selanjutnya yaitu Makam Syekh Subakir yang ada di Magelang, tepatnya di Gunung Tidar. Syekh Subakir merupakan tokoh utusan dari Iran yang datang ke Tanah Jawa untuk menyebarkan ajaran agama Islam di Magelang dan sekitarnya. Perintah tersebut merupakan perintah dari Sultan Turki.

7. Makam Syekh Maulana Maghribi

Selanjutnya ada Makam Syekh Maulana Maghribi yang ada di Bukit Wonobodro, Kabupaten Batang. Syekh Maulana Maghribi merupakan tokoh ulama yang turut menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Tokoh ulama ini membantu menyebarkan agama Islam sebelum adanya Wali Songo.

Sudah Tahu Apa Saja Destinasi Wisata Religi Jawa Tengah?

Itulah beberapa destinasi wisata religi Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi untuk meningkatkan keimanan dan wawasan terkait penyebaran agama Islam di Tanah Jawa. Jika Anda ingin berkunjung ke berbagai wisata religi Islam tersebut, Anda bisa menggunakan jasa travel V818 Trans.

Untuk menggunakan jasa dari V818 Trans, Anda bisa menghubungi nomor 082245546100 atau 082128805818 dan merencanakan jadwal perjalanan Anda. Anda juga bisa memilih armada apa yang akan Anda gunakan untuk berwisata religi bersama rombongan Anda. Jadi tunggu apa lagi? Ayo jelajahi wisata religi bersama V818 Trans sekarang juga!